• id
    • ar
    • en
    • id
Saturday, September 20, 2025
FIKTI
  • Home
  • Profil
    • Tentang FIKTI
    • Visi, Misi Tujuan & Sasaran
    • Pimpinan Fakultas
    • Struktur Organisasi
      • Bagan Struktur Organisasi
    • Akreditasi
    • Fasilitas
  • Dosen
  • Penelitian
    • Penelitian Berdampak
    • Pengabdian Masyarakat
  • MOU
  • Akademik
    • Perpustakaan Digital
      • Universitas
      • Fakultas
      • Sistem Informasi
    • Biaya Kuliah
    • Kalender Akademik
    • E-Learning
    • Portal Mahasiswa
    • Buku Panduan Akademik Mahasiswa
    • Kuliah Kerja Nyata
    • Tahapan Penulisan Skripsi
  • Jurnal
    • JCoSITTE
    • IJDSV
    • Jurnal Se-UMSU
  • Download
    • Panduan Penulisan Skripsi
    • Panduan Penyusunan Laporan KP
    • Panduan Penyusunan KKN
  • Prestasi Mahasiswa
  • Home
  • Profil
    • Tentang FIKTI
    • Visi, Misi Tujuan & Sasaran
    • Pimpinan Fakultas
    • Struktur Organisasi
      • Bagan Struktur Organisasi
    • Akreditasi
    • Fasilitas
  • Dosen
  • Penelitian
    • Penelitian Berdampak
    • Pengabdian Masyarakat
  • MOU
  • Akademik
    • Perpustakaan Digital
      • Universitas
      • Fakultas
      • Sistem Informasi
    • Biaya Kuliah
    • Kalender Akademik
    • E-Learning
    • Portal Mahasiswa
    • Buku Panduan Akademik Mahasiswa
    • Kuliah Kerja Nyata
    • Tahapan Penulisan Skripsi
  • Jurnal
    • JCoSITTE
    • IJDSV
    • Jurnal Se-UMSU
  • Download
    • Panduan Penulisan Skripsi
    • Panduan Penyusunan Laporan KP
    • Panduan Penyusunan KKN
  • Prestasi Mahasiswa
No Result
View All Result
FIKTI
ArabicEnglishIndonesian
Home Opini

Algoritma Dijkstra: Mencari Lintasan Terpendek dalam Graf Berbobot

Annisa by Annisa
in Opini
0
Algoritma Dijkstra Mencari Lintasan Terpendek dalam Graf Berbobot

Algoritma Dijkstra Mencari Lintasan Terpendek dalam Graf Berbobot

0
SHARES
1.8k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Apa itu Algoritma Dijkstra?

Algoritma Dijkstra adalah metode yang digunakan untuk menemukan lintasan terpendek dari suatu titik tertentu ke setiap titik lain dalam sebuah graf berbobot. Dalam konteks ini, bobot mewakili jarak, biaya, atau nilai yang harus ditempuh untuk berpindah dari satu titik ke titik lainnya. Algoritma ini sangat penting dalam berbagai aplikasi yang melibatkan perencanaan rute atau jaringan.

Algoritma Dijkstra dikembangkan oleh seorang ilmuwan komputer asal Belanda bernama Edger Wybe Dijkstra pada tahun 1959. Beliau menggambarkan algoritma ini dalam sebuah makalah, dan sejak saat itu, algoritma Dijkstra menjadi salah satu algoritma yang paling terkenal dan sering digunakan dalam dunia komputasi.

Langkah-langkah Algoritma Dijkstra

Berikut adalah langkah-langkah Algoritma Dijkstra untuk menemukan jalur terpendek dari satu titik ke titik lain dalam sebuah graf berbobot:

  1. Inisialisasi
    Tentukan titik awal (sumber) dan tetapkan jarak awal dari titik awal ke semua titik lain sebagai tak terhingga, kecuali untuk titik awal itu sendiri yang diatur menjadi 0.
  2. Tandai Titik Awal
    Tandai titik awal sebagai telah dikunjungi atau “tertentu”.
  3. Perbarui Jarak
    Mulai dari titik awal, periksa semua tetangga langsung yang belum ditandai. Hitung jarak dari titik awal ke tetangga-tetangga tersebut melalui jalur yang saat ini telah diketahui. Perbarui jarak terpendek jika jarak baru lebih kecil dari jarak sebelumnya.
  4. Pilih Tetangga Terdekat
    Dari tetangga-tetangga yang belum ditandai, pilih titik dengan jarak terpendek sebagai titik berikutnya untuk dikunjungi.
  5. Tandai Titik Terpilih
    Tandai titik terpilih sebagai telah dikunjungi atau “tertentu”.
  6. Ulangi
    Ulangi langkah 3 hingga langkah 5 sampai semua titik telah dikunjungi atau sampai titik akhir (target) telah ditandai.
  7. Hasil
    Setelah semua titik telah dikunjungi, jarak terpendek dari titik awal ke semua titik lain akan terhitung dengan benar. Jalur terpendek dari titik awal ke titik akhir dapat dihitung dengan mengikuti panah dari titik akhir ke titik awal berdasarkan informasi jarak yang telah dihitung.

Masalah yang Dapat Diselesaikan oleh Algoritma Dijkstra

Algoritma Dijkstra dapat digunakan untuk memecahkan berbagai masalah optimasi dengan mencari jalur terpendek. Beberapa contoh penerapannya meliputi:

  1. Sistem Navigasi
    Menemukan rute terpendek antara dua lokasi pada peta.
  2. Jaringan Komputer
    Menghitung jalur tercepat dalam suatu jaringan komunikasi.
  3. Perencanaan Logistik
    Menentukan jalur terpendek untuk pengiriman barang.
  4. Permainan
    Digunakan untuk menemukan jalur terpendek dalam permainan seperti game strategi atau teka-teki.

Keuntungan Algoritma Dijkstra

Algoritma Dijkstra menawarkan sejumlah keuntungan yang membuatnya menjadi algoritma yang populer digunakan dalam berbagai bidang. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Efisiensi
    Algoritma Dijkstra dapat menemukan jalur terpendek dengan efisien, bahkan pada graf yang besar dan kompleks.
  2. Keakuratan
    Algoritma ini menghasilkan jalur terpendek dengan bobot yang optimal, sehingga dapat diandalkan dalam banyak kasus.
  3. Aplikasi yang Luas
    Dijkstra dapat diterapkan dalam berbagai konteks, seperti rute perjalanan, jaringan komputer, perencanaan logistik, dan banyak lagi.

Kekurangan Algoritma Dijkstra

  1. Mengasumsikan Bobot Non-Negatif
    Algoritma Dijkstra tidak dapat bekerja dengan baik jika terdapat bobot negatif pada graf, karena dapat menghasilkan hasil yang tidak tepat.
  2. Kompleksitas pada Graf Besar
    Pada graf yang sangat besar, algoritma ini dapat menjadi lambat dan memakan banyak sumber daya.

Algoritma Dijkstra adalah metode perhitungan yang efisien dan handal untuk menemukan jalur terpendek dalam berbagai situasi. Meskipun memiliki kelebihan yang signifikan, algoritma ini juga memiliki batasan dalam penanganan bobot negatif dan kompleksitas pada graf yang sangat besar. Namun, dengan pemahaman yang tepat, algoritma Dijkstra dapat memberikan solusi yang optimal dalam banyak masalah optimasi yang berbeda.

Tags: algortima dijkstrafiktiumsuKekurangan Algoritma Dijkstrakeuntungan Algoritma Dijkstralangkah langkah algoritma dijkstraProgramming

FIKTI... Teknologi CerdasTeknologi Modern

Facebook Instagram Youtube
Flag Counter

Alamat

fikti@umsu.ac.id | fiktiumsu@gmail.com

© 2025 FIKTI UMSU – Teknologi Cerdas, Teknologi Modern.

No Result
View All Result
  • Home
  • Profil
    • Tentang FIKTI
    • Visi, Misi Tujuan & Sasaran
    • Pimpinan Fakultas
    • Struktur Organisasi
      • Bagan Struktur Organisasi
    • Akreditasi
    • Fasilitas
  • Dosen
  • Penelitian
    • Penelitian Berdampak
    • Pengabdian Masyarakat
  • MOU
  • Akademik
    • Perpustakaan Digital
      • Universitas
      • Fakultas
      • Sistem Informasi
    • Biaya Kuliah
    • Kalender Akademik
    • E-Learning
    • Portal Mahasiswa
    • Buku Panduan Akademik Mahasiswa
    • Kuliah Kerja Nyata
    • Tahapan Penulisan Skripsi
  • Jurnal
    • JCoSITTE
    • IJDSV
    • Jurnal Se-UMSU
  • Download
    • Panduan Penulisan Skripsi
    • Panduan Penyusunan Laporan KP
    • Panduan Penyusunan KKN
  • Prestasi Mahasiswa

© 2025 FIKTI - Teknologi Keren Teknologi Moderen.