• id
    • ar
    • en
    • id
Sunday, September 21, 2025
FIKTI
  • Home
  • Profil
    • Tentang FIKTI
    • Visi, Misi Tujuan & Sasaran
    • Pimpinan Fakultas
    • Struktur Organisasi
      • Bagan Struktur Organisasi
    • Akreditasi
    • Fasilitas
  • Dosen
  • Penelitian
    • Penelitian Berdampak
    • Pengabdian Masyarakat
  • MOU
  • Akademik
    • Perpustakaan Digital
      • Universitas
      • Fakultas
      • Sistem Informasi
    • Biaya Kuliah
    • Kalender Akademik
    • E-Learning
    • Portal Mahasiswa
    • Buku Panduan Akademik Mahasiswa
    • Kuliah Kerja Nyata
    • Tahapan Penulisan Skripsi
  • Jurnal
    • JCoSITTE
    • IJDSV
    • Jurnal Se-UMSU
  • Download
    • Panduan Penulisan Skripsi
    • Panduan Penyusunan Laporan KP
    • Panduan Penyusunan KKN
  • Prestasi Mahasiswa
  • Home
  • Profil
    • Tentang FIKTI
    • Visi, Misi Tujuan & Sasaran
    • Pimpinan Fakultas
    • Struktur Organisasi
      • Bagan Struktur Organisasi
    • Akreditasi
    • Fasilitas
  • Dosen
  • Penelitian
    • Penelitian Berdampak
    • Pengabdian Masyarakat
  • MOU
  • Akademik
    • Perpustakaan Digital
      • Universitas
      • Fakultas
      • Sistem Informasi
    • Biaya Kuliah
    • Kalender Akademik
    • E-Learning
    • Portal Mahasiswa
    • Buku Panduan Akademik Mahasiswa
    • Kuliah Kerja Nyata
    • Tahapan Penulisan Skripsi
  • Jurnal
    • JCoSITTE
    • IJDSV
    • Jurnal Se-UMSU
  • Download
    • Panduan Penulisan Skripsi
    • Panduan Penyusunan Laporan KP
    • Panduan Penyusunan KKN
  • Prestasi Mahasiswa
No Result
View All Result
FIKTI
ArabicEnglishIndonesian
Home Opini

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Annisa by Annisa
in Opini
0
Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak

0
SHARES
958
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pengetian Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak adalah istilah yang terdiri dari dua kata, yaitu “perangkat lunak” dan “rekayasa”. Perangkat lunak merujuk pada kumpulan program terintegrasi yang terdiri dari instruksi dan kode yang ditulis oleh pengembang dalam bahasa komputer tertentu. Selain itu, perangkat lunak juga mencakup dokumentasi terkait seperti persyaratan, model desain, dan manual pengguna.

Sementara itu, rekayasa adalah penerapan pengetahuan ilmiah dan praktis dalam menemukan, merancang, membangun, memelihara, dan meningkatkan kerangka kerja, proses, dan elemen-elemen lain yang terlibat dalam pengembangan perangkat lunak. Dalam konteks rekayasa perangkat lunak, ini berarti menggunakan pendekatan sistematis dan metodologi yang terdefinisi dengan baik untuk menghasilkan perangkat lunak yang efektif, andal, dan berkualitas tinggi.

Jadi ,Rekayasa Perangkat Lunak adalah cabang teknik yang terkait dengan evolusi produk perangkat lunak menggunakan prinsip, teknik, dan prosedur ilmiah yang terdefinisi dengan baik.

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak Menurut Para Ahli

  1. Stephen R. Schach
    RPL adalah disiplin yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat lunak tanpa kesalahan, mengikuti jadwal yang tepat, dan memenuhi kebutuhan pengguna.
  2. Fritz Bauer
    Rekayasa Perangkat Lunak melibatkan penggunaan prinsip-prinsip rekayasa untuk mengembangkan perangkat lunak yang dapat dipercaya dan berfungsi efisien di mesin fisik.
  3. IEEE 610.12
    Rekayasa Perangkat Lunak adalah pendekatan dan aplikasi sistematis yang terkait dengan pengembangan, operasi, dan pemeliharaan perangkat lunak.
  4. Wikipedia
    Rekayasa Perangkat Lunak sebagai penerapan pendekatan yang sistematis, terdisiplin, dan dapat diukur dalam pengembangan, operasi, dan pemeliharaan perangkat lunak.

Tujuan Rekayasa Perangkat Lunak

  1. Mencapai efisiensi biaya produksi perangkat lunak yang lebih rendah.
  2. Mengembangkan perangkat lunak yang memiliki kinerja tinggi, andal, dan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.
  3. Menghasilkan perangkat lunak yang kompatibel dengan berbagai jenis platform.
  4. Merancang perangkat lunak yang membutuhkan biaya perawatan yang rendah.

Elemen Kunci Rekayasa Perangkat Lunak

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) memiliki tiga elemen kunci:

  1. Metode: Pendekatan teknis dalam RPL seperti perencanaan, analisis persyaratan, perancangan, pemrograman, pengujian, dan pemeliharaan perangkat lunak.
  2. Alat (Tools): Dukungan otomatisasi dalam RPL seperti CASE (Computer-Aided Software Engineering) yang membantu dalam analisis, perancangan, pemrograman, dan pengujian perangkat lunak.
  3. Prosedur: Integrasi metode dan alat untuk menentukan penggunaan metode, hasil yang diharapkan, pengendalian kualitas, serta titik evaluasi untuk kemajuan proyek perangkat lunak.

Dengan metode, alat, dan prosedur ini, RPL dapat dilakukan dengan terorganisir, efisien, dan menghasilkan perangkat lunak berkualitas.

Tags: JURUSAN RPLperangkatRekayasa Perangkat LunakRPLSoftware

FIKTI... Teknologi CerdasTeknologi Modern

Facebook Instagram Youtube
Flag Counter

Alamat

fikti@umsu.ac.id | fiktiumsu@gmail.com

© 2025 FIKTI UMSU – Teknologi Cerdas, Teknologi Modern.

No Result
View All Result
  • Home
  • Profil
    • Tentang FIKTI
    • Visi, Misi Tujuan & Sasaran
    • Pimpinan Fakultas
    • Struktur Organisasi
      • Bagan Struktur Organisasi
    • Akreditasi
    • Fasilitas
  • Dosen
  • Penelitian
    • Penelitian Berdampak
    • Pengabdian Masyarakat
  • MOU
  • Akademik
    • Perpustakaan Digital
      • Universitas
      • Fakultas
      • Sistem Informasi
    • Biaya Kuliah
    • Kalender Akademik
    • E-Learning
    • Portal Mahasiswa
    • Buku Panduan Akademik Mahasiswa
    • Kuliah Kerja Nyata
    • Tahapan Penulisan Skripsi
  • Jurnal
    • JCoSITTE
    • IJDSV
    • Jurnal Se-UMSU
  • Download
    • Panduan Penulisan Skripsi
    • Panduan Penyusunan Laporan KP
    • Panduan Penyusunan KKN
  • Prestasi Mahasiswa

© 2025 FIKTI - Teknologi Keren Teknologi Moderen.