• id
    • ar
    • en
    • id
Friday, September 19, 2025
FIKTI
  • Home
  • Profil
    • Tentang FIKTI
    • Visi, Misi Tujuan & Sasaran
    • Pimpinan Fakultas
    • Struktur Organisasi
      • Bagan Struktur Organisasi
    • Akreditasi
    • Fasilitas
  • Dosen
  • Penelitian
    • Penelitian Berdampak
    • Pengabdian Masyarakat
  • MOU
  • Akademik
    • Perpustakaan Digital
      • Universitas
      • Fakultas
      • Sistem Informasi
    • Biaya Kuliah
    • Kalender Akademik
    • E-Learning
    • Portal Mahasiswa
    • Buku Panduan Akademik Mahasiswa
    • Kuliah Kerja Nyata
    • Tahapan Penulisan Skripsi
  • Jurnal
    • JCoSITTE
    • IJDSV
    • Jurnal Se-UMSU
  • Download
    • Panduan Penulisan Skripsi
    • Panduan Penyusunan Laporan KP
    • Panduan Penyusunan KKN
  • Prestasi Mahasiswa
  • Home
  • Profil
    • Tentang FIKTI
    • Visi, Misi Tujuan & Sasaran
    • Pimpinan Fakultas
    • Struktur Organisasi
      • Bagan Struktur Organisasi
    • Akreditasi
    • Fasilitas
  • Dosen
  • Penelitian
    • Penelitian Berdampak
    • Pengabdian Masyarakat
  • MOU
  • Akademik
    • Perpustakaan Digital
      • Universitas
      • Fakultas
      • Sistem Informasi
    • Biaya Kuliah
    • Kalender Akademik
    • E-Learning
    • Portal Mahasiswa
    • Buku Panduan Akademik Mahasiswa
    • Kuliah Kerja Nyata
    • Tahapan Penulisan Skripsi
  • Jurnal
    • JCoSITTE
    • IJDSV
    • Jurnal Se-UMSU
  • Download
    • Panduan Penulisan Skripsi
    • Panduan Penyusunan Laporan KP
    • Panduan Penyusunan KKN
  • Prestasi Mahasiswa
No Result
View All Result
FIKTI
ArabicEnglishIndonesian
Home Opini

Metode Yang Digunakan Dalam Skripsi IT

Annisa by Annisa
in Opini
0
Metode Yang Digunakan Dalam Skripsi IT
0
SHARES
1.3k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Metode yang digunakan dalam skripsi IT terdapat beragam metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian dan menjawab pertanyaan penelitian yang diajukan.

Skripsi di bidang IT melibatkan berbagai topik yang beragam, seperti pembuatan website, pengembangan aplikasi, analisis sistem, sistem informasi, dan topik lainnya. Untuk mendukung penelitian tersebut, penting menggunakan metode yang sesuai dengan topik yang diangkat.

Metode yang digunakan dalam penelitian IT berbeda dengan metode penelitian pada umumnya, dan pemilihan metode harus disesuaikan dengan konteks penelitian yang sedang dilakukan.

Metode yang digunakan dalam Skripsi TI

a.Metode Pieces

Metode Pieces merupakan suatu pendekatan yang digunakan untuk evaluasi kinerja sistem dengan mempertimbangkan aspek-aspek kunci, seperti performa, informasi, ekonomi, kontrol, efisiensi, dan pelayanan. Metode ini digunakan sebagai alat untuk menganalisis dan mengukur sejauh mana sistem dapat memenuhi persyaratan yang ditetapkan dalam setiap aspek tersebut.

b.Metode K-Means

Metode K-Means merupakan salah satu pendekatan dalam analisis data dalam data mining yang digunakan untuk melakukan pengelompokan (clustering) pada dataset tanpa adanya supervisi atau informasi label sebelumnya. Tujuan dari metode ini adalah untuk mengelompokkan data ke dalam kelompok-kelompok yang serupa berdasarkan kesamaan karakteristik atau pola yang ditemukan dalam dataset.

c.Metode Waterfall

Metode Waterfall, juga dikenal sebagai metode siklus hidup klasik, merupakan salah satu pendekatan dalam SDLC (Software Development Life Cycle).

Metode ini menekankan pendekatan yang sistematis dan bertahap dalam pengembangan perangkat lunak, dimulai dari tahap perumusan kebutuhan (requirement), perancangan (design), implementasi, integrasi dan pengujian (integration & testing), hingga tahap operasi dan pemeliharaan (operation & maintenance).

d.Metode Twofish

Metode Twofish adalah suatu teknik yang digunakan untuk melindungi keamanan data pada sistem yang memiliki keterbatasan ruang penyimpanan. Metode ini melibatkan proses enkripsi data dengan menggunakan ukuran blok 128 bit dan ukuran kunci yang dapat mencapai hingga 256 bit.

Tujuan dari metode ini adalah untuk memastikan keamanan data dengan tingkat yang tinggi pada sistem yang memiliki batasan ruang penyimpanan yang tersedia.

e.Metode Ishihara

Metode Ishihara adalah sebuah metode yang digunakan untuk tes pengujian buta warna pada seseorang. Metode ini menggunakan serangkaian gambar polka dot dengan kombinasi warna yang berbeda-beda.

Tujuan dari metode ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan seseorang dalam membedakan warna dengan akurasi, terutama dalam mengidentifikasi gangguan atau kekurangan dalam penglihatan warna.

Metode Ishihara sering digunakan karena menggunakan gambar titik-titik dengan variasi kepadatan warna yang berbeda.

f.Metode Extreme Programming (XP)

Metode Extreme Programming (XP) adalah salah satu pendekatan dalam SDLC (Software Development Life Cycle). Metode ini dirancang khusus untuk pengembangan perangkat lunak yang cenderung mengalami perubahan kebutuhan dengan cepat.

Tahapan yang ditempuh dalam metode ini meliputi perencanaan (planning), perancangan (design), pemrograman (coding), dan pengujian (testing).

g.Metode Topsis

Metode Topsis adalah suatu pendekatan yang digunakan untuk pengambilan keputusan berdasarkan kriteria-kriteria yang beragam, dengan mempertimbangkan alternatif-alternatif yang tersedia.

Metode ini mencari alternatif yang memiliki jarak terdekat dengan solusi ideal positif dan jarak terjauh dengan solusi ideal negatif, sehingga dapat memberikan hasil yang optimal dalam pengambilan keputusan.

h. Metode Vulnerability Assessment

Metode Vulnerability Assessment adalah suatu pendekatan yang digunakan untuk melakukan pengujian, analisis, dan identifikasi terhadap kerentanan keamanan yang ada dalam suatu sistem, dengan mempertimbangkan tingkat keparahan kerentanan seperti rendah (low), sedang (medium), dan tinggi (high).

Tujuan utama dari metode ini adalah untuk mengidentifikasi celah keamanan dan memberikan rekomendasi peningkatan keamanan yang diperlukan pada sistem tersebut.

Tags: fiktiumsuSistem InformasiumsuumsumedanUMSUUNGGULCERDASTERPERCAYA

FIKTI... Teknologi CerdasTeknologi Modern

Facebook Instagram Youtube
Flag Counter

Alamat

fikti@umsu.ac.id | fiktiumsu@gmail.com

© 2025 FIKTI UMSU – Teknologi Cerdas, Teknologi Modern.

No Result
View All Result
  • Home
  • Profil
    • Tentang FIKTI
    • Visi, Misi Tujuan & Sasaran
    • Pimpinan Fakultas
    • Struktur Organisasi
      • Bagan Struktur Organisasi
    • Akreditasi
    • Fasilitas
  • Dosen
  • Penelitian
    • Penelitian Berdampak
    • Pengabdian Masyarakat
  • MOU
  • Akademik
    • Perpustakaan Digital
      • Universitas
      • Fakultas
      • Sistem Informasi
    • Biaya Kuliah
    • Kalender Akademik
    • E-Learning
    • Portal Mahasiswa
    • Buku Panduan Akademik Mahasiswa
    • Kuliah Kerja Nyata
    • Tahapan Penulisan Skripsi
  • Jurnal
    • JCoSITTE
    • IJDSV
    • Jurnal Se-UMSU
  • Download
    • Panduan Penulisan Skripsi
    • Panduan Penyusunan Laporan KP
    • Panduan Penyusunan KKN
  • Prestasi Mahasiswa

© 2025 FIKTI - Teknologi Keren Teknologi Moderen.